News & Event

The Anggana

Rumah DP 0 Persen Bukan Hal yang Mustahil

blog-image

Salah satu jalan untuk bisa memiliki rumah dengan dana yang terbatas adalah dengan cara kredit rumah. Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki uang muka yang menjadi syarat utama pengajuan kredit rumah? Ternyata ada caranya agar kamu bisa mengajukan rumah DP 0 persen. Simak selengkapnya di sini!

Siapapun pasti ingin memiliki rumah sendiri. Berhubung rumah merupakan aset investasi yang sangat berharga, maka sudah pasti harga untuk dapat memiliki rumah ini terbilang sangat menguras kantong. Jika kamu hanya mengandalkan menabung, maka rumah tidak akan bisa terbeli karena setiap tahunnya harga rumah selalu naik hingga 5% lebih. Jalan terbaik untuk dapat memiliki rumah adalah dengan kredit rumah atau yang lebih dikenal dengan nama KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Dengan mencicil dana setiap bulannya hingga masa waktu yang ditentukan, kamu bisa mendapatkan rumah impianmu. 

Tapi permasalahannya adalah untuk dapat mengajukan kredit pemilikan rumah ini, kamu harus menyiapkan uang muka atau down payment (DP) terlebih dahulu. Dengan adanya Surat Edaran No. 15/ 40/ DKMP/ tanggal 24 September 2013 yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, bagi para nasabah yang ingin mengajukan kredit pemilikan rumah, maka kamu diharuskan untuk membayar uang muka maksimal 30% dari harga jual rumah. 

Ketentuan ini mau tak mau membuat kamu harus mengeluarkan biaya dalam jumlah besar terlebih dahulu jika ingin mengajukan kredit pemilikan rumah. Coba saja kamu bayangkan jika harga jual rumah yang ingin kamu beli adalah Rp 500.000.000, maka kamu harus membayar uang muka maksimal Rp 150.000.000 terlebih dahulu. Tentunya jumlah yang tidak sedikit ini bisa sangat memberatkanmu.

Kredit rumah DP 0 persen bagi warga Jakarta

Permasalahan uang muka ini seolah menjadi sorotan utama oleh pemerintah DKI Jakarta karena warganya hampir 40% belum memiliki rumah pribadi. Kebanyakan warga DKI Jakarta memang masih banyak yang tinggal di rumah kontrakan atau kost. Ini dikarenaka harga rumah di Jakarta memang terbilang sangat mahal jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia sehingga sangat susah untuk dimiliki. 

Sebagai bentuk terobosan jitu, pemerintah DKI Jakarta pun membuat program rumah DP 0% bagi warga ibukota. Pembangunan rumah DP 0 persen ini sudah berlangsung sejak awal Januari 2018 dan bertempat di Rusun Kelapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Nantinya rusun ini akan dibangun dengan jumlah lantai 20 dan unit rumah 703. Per unitnya memiliki bangunan dengan tipe 36 dan tipe 21.  

Baca Juga : 5 Tips Mendapatkan Rumah Dijual di Bogor

Untuk dapat mengajukan kredit rumah DP 0 persen yang diprogramkan oleh pemerintah DKI Jakarta, kamu harus memenuhi syarat rumah dp 0& dan dokumen yang ada di bawah ini:

  • e-KTP (Kartu Tanda Penduduk) Jakarta
  • KK (Kartu Keluarga)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Minimal penghasilan Rp 3 juta per bulan dan maksimal Rp 7 per bulan
  • Masa kerja minimal 1 tahun bagi karyawan
  • Surat keterangan kalau kamu termasuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)
  • Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan Pajak Penghasilan (PPh)
  • Slip gaji asli-
  • Surat keterangan kerja
  • Fotokopi buku tabungan 

Perlu ditekankan lagi kalau rumah DP 0% ini hanya berlaku untuk warga Jakarta saja dan pembelian rumah di Rusun Kelapa Village saja. Lantas kalau bukan warga Jakarta, kita tidak akan bisa kredit rumah DP 0 persen ini?

Trik untuk mendapatkan rumah DP 0 persen 

Tenang saja, ternyata ada cara lain untuk bisa mendapatkan rumah DP 0 persen jika kamu bukan warga Jakarta. Bagaimana caranya? Kamu bisa menerapkan trik-trik yang ada di bawah ini:

1. Mencari promo dari developer

Trik yang pertama adalah kamu harus mencari promo dari developer. Kenapa harus repot-repot mencari promo? Karena biasanya developerakan menggunakan promo rumah DP 0 persen untuk menarik minat calon pembeli sehingga kamu bisa memanfaatkan hal tersebut. Biasanya rumah yang ditawarkan dengan DP 0 persen masih dalam tahap pengerjaan alias belum jadi.

Kredit jenis ini disebut dengan kredit inhouseyang merupakan skema pembayaran rumah dengan sistem mengangsur langsung kepada developer. Jadi nantinya kamu tidak akan berhubungan dengan pihak bank karena tidak ada campur tangan bank sama sekali. Cicilan per bulan yang kamu bayarkan nanti langsung disetorkan kepada pihak developer

Kalau tidak ada uang muka, lalu bagaimana dengan tanda jadinya? Sebenarnya sistem kredit inhouseini menggunakan uang muka yang nominalnya sangat kecil dan bisa dicicil sampai beberapa kali. Misalkan saja kamu ingin mengambil kredit rumah, tapi pada bulan ini kamu tidak ada dana untuk DP, maka kamu bisa membayarkannya di bulan depan dan bulan yang akan datang alias dibayar dua kali.

Baca Juga : Mau Jual Rumah Murah di Bogor Agar Cepat Laku?

Pembayaran yang sangat fleksibel ini bisa memudahkan kamu dalam mengatur keuangan. Selain itu, ada kelebihan kredit inhouselainnya seperti tanpa biaya tambahan dan tanpa bunga karena bukan termasuk dalam produk bank.

2. Menaikkan harga rumah

Jika developertempat kamu akan membeli rumah tidak menyediakan kredit inhouse sehingga kamu terpaksa harus mengajukan kredit rumah ke bank, maka triknya adalah menaikkan harga rumah yang akan kamu beli. Misalkan saja harga rumah yang ingin kamu beli adalah Rp 500.000.000, kamu bisa menaikkan harganya menjadi Rp 600.000.000 sehingga dari selisih angka Rp 100.000.000 tersebut bisa kamu jadikan sebagai uang muka nantinya. 

Trik untuk mendapatkan rumah DP 0 persen ini memang cukup beresiko karena pihak bank selaku pemberi pinjaman akan melakukan appraisal akan nilai jual rumah. Ditambah lagi jumlah pinjaman yang diberikan oleh bank belum tentu sama dengan jumlah pinjaman yang kamu ajukan.

3. Membuat perjanjian angsuran di depan notaris

Trik yang terakhir adalah dengan membuat perjanjian angsuran di depan notaris. Trik ini hanya berlaku jika kamu ingin membeli rumah dari non developer, melainkan dari penjual biasa, baik itu dari brokeratau pemilik rumah itu sendiri. Jadi nantinya kamu harus bisa meyakinkan penjual rumah untuk melakukan negosiasi harga agar kamu bisa membeli rumah dengan cara mengangsur tanpa uang muka.  

Baca Juga : Keuntungan Mengambil Perumahan Syariah di Bogor

Untuk meyakinkan penjual, kamu harus membuat surat perjanjuan angsuran di depan notaris yang menyatakan kalau kamu akan membayar tepat waktu kredit rumah DP 0 persen ini. Kelemahan dari trik ini adalah selama masa cicilan berlangsung, sertifikat rumah masih atas nama penjual karena kamu belum berhak melakukan balik nama. Tapi untuk penyimpanannya, sertifikat rumah harus disimpan oleh notaris yang menandatangani perjanjian kamu dan penjual. 

Pelajari dengan teliti sebelum mengambil kredit rumah DP 0 persen

Berhubung kredit rumah DP 0 persen ini akan memberikan keuntungan yang banyak untukmu, jadi pelajari dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Jangan sampai kamu terjebak hanya karena iming-iming kredit rumah DP 0 persen karena untuk kredit rumah ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membayar cicilannya. Jangan sampai di tengah masa cicilan, kamu merasa menyesal karena tidak memperhatikan persyaratannya di awal. Selamat mencoba untuk mendapatkan kredit rumah DP 0 persen!

Jadi, coba pelajari dengan teliti dan pikirkan dengan matang sebelum mengambil kredit rumah DP 0 persen ya!

Note : Sumber Gambar diambil dari Google

Hubungi Sekarang! Whatsapp Sekarang!