News & Event

The Anggana

Mau Jual Rumah Murah di Bogor Agar Cepat Laku?

blog-image

Berbeda dengan menjual kendaraan, menjual rumah membutuhkan usaha yang ekstra karena rumah sangat sulit dijual. Ada beberapa orang yang rumahnya belum laku terjual hingga bertahun-tahun. Jadi, kalau ingin jual rumah murah di Bogor, kamu harus lakukan cara ini!

Menjual rumah bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Ini dikarenakan rumah dijual dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan aset berharga lainnya seperti emas, motor, hingga mobil. Ditambah lagi, permintaan akan rumah tidak sebanyak permintaan kendaraan bermotor sehingga kamu pasti akan menemukan kesulitan untuk menjualnya. 

Ada pendapat kalau rumah-rumah yang ada di kota besar seperti Bogor pasti akan cepat laku terjual karena harganya akan melonjak naik di tahun berikutnya sehingga banyak orang yang membelinya bukan karena butuh atau ingin dihuni, tapi untuk dijadikan aset seperti ingin disewakan. Pendapat tersebut memang ada benarnya, tapi bukan berarti jika kita ingin jual rumah murah di Bogor bisa dengan cepat laku terjual. Diperlukan usaha dan beberapa trik agar rumah di Bogor bisa terjual dengan cepat. 

Kapan saat terbaik untuk jual rumah murah di Bogor?

Ketika akan menjual rumah murah di Bogor, kamu tidak bisa serta merta langsung menjualnya begitu saja karena ada saat-saat terbaik di mana rumah bisa dijual. Ada tiga waktu di mana kamu bisa menjual rumah murah di Bogor, yaitu:

1. Saat suku bunga sedang turun

Saat terbaik untuk menjual rumah murah di Bogor adalah pada saat suku bunga bank sedang turun. Alasannya adalah ketika suku bunga bank sedang turun, otomatis cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) akan menjadi ringan karena bunganya rendah. Dengan begitu, minat masyarakat untuk membeli rumah akan semakin meningkat. Jadi kemungkinan untuk rumahmu dilirik calon pembeli semakin besar. 

Baca Juga : Untung Rugi Jual Rumah Bogor Siap Huni

2. Saat area di sekitar rumah akan dibangun mall atau tempat wisata

Bogor sangat terkenal sebagai kota wisata yang tak hanya ramai didatangi wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan asing ketika weekend dan hari libur. Kawasan ini tak hanya diincar oleh para developeruntuk membangun perumahan, tapi juga diincar untuk membangun pusat perbelanjaan serta tempat wisata. Jadi kalau di sekitar area rumahmu akan dibangun pusat perbelanjaan atau tempat wisata, sudah pasti harga tanah akan meningkat sehingga kamu akan diuntungkan dengan hal tersebut karena harga rumah yang akan kamu jual juga meningkat. 

3. Saat ada kebutuhan mendesak

Selain kedua waktu di atas, kamu juga bisa menjual rumah murah di Bogor jika kondisinya sedang dalam kebutuhan mendesak. Misalkan sedang butuh dana untuk melunasi hutang-hutang atau jika kamu ingin pindah rumah sehingga uang hasil jual rumah bisa kamu gunakan untuk membeli rumah yang baru. Kenapa alasan kebutuhan mendesak ini menjadi waktu yang tepat untuk menjual rumah? Karena ketika dalam keadaan terdesak, kamu pasti akan berusaha semaksimal mungkin dan tidak setengah-setengah untuk dapat menjual rumah murah di Bogor. 

Cara menjual rumah murah di Bogor

Agar rumah dilirik banyak calon pembeli dan bisa terjual dengan cepat, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. Pasang harga yang bersaing

Cara yang pertama adalah pasang harga yang bersaing. Tapi sebelumnya, kamu harus survei terlebih dahulu untuk membandingkan harga rumah yang ada di sekitar daerahmu. Tujuannya adalah agar kamu tidak mematok harga yang terlalu tinggi sehingga calon pembeli enggan melirik rumahmu. Caritahu juga berapa harga tanah di tempatmu dengan melakukan pengecekan terhadap NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Kamu bisa melihatnya dari PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang diterima setiap tahunnya, di sana tertera informasi mengenai tanah dan bangunan.

2. Benahi interior dan eksterior rumah

Ingin jual rumah murah di Bogor dalam waktu yang singkat? Kamu benahi dulu interior dan eksterior rumahmu. Ini bertujuan agar tampilan rumah jadi lebih apik. Ibaratnya rumahmu harus dipoles terlebih dahulu sebelum ditunjukkan pada calon pembeli. Cek secara detail semua bagian rumah. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Beberapa hal yang perlu dicek ulang adalah dinding, lantai, atap, pintu, jendela, pagar, kamar mandi, dan dapur.

3. Kosongkan isi rumah

Jika kamu sudah tidak tinggal lagi di rumah yang akan kamu jual, sebaiknya kosongkan isi rumah secara bersih. Semakin banyak barang-barang yang diletakkan di dalam rumah, maka rumahmu akan terlihat semakin sempit. Jadi usahakan untuk mengosongkannya agar terlihat luas dan lega. Selain itu, dengan mengosongkan rumah, calon pembeli juga bisa membayangkan ingin menata calon rumah baru mereka seperti apa nantinya. 

Baca Juga : Keuntungan Mengambil Perumahan Syariah di Bogor

4. Berikan informasi selengkap dan sedetail mungkin

Setiap calon pembeli rumah pasti ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan detail mengenai rumah yang akan mereka beli. Oleh karena itu, kamu harus memberikan informasi tentang jual rumah murah di Bogor dengan lengkap dan detail, mulai dari luas tanah, luas bangunan, jumlah ruangan, hingga bahan material yang digunakan untuk lantai, dinding, dan atap bangunan. 

Selain informasi mengenai rumah tersebut, kamu juga memberikan informasi tambahan mengenai keadaan lingkungan di sekitarnya, misalkan saja adanya taman bermain untuk anak, jogging track, pusat perbelanjaan, sekolah, bank, dan lain sebagainya. Dengan adanya informasi tambahan mengenai lingkungan serta fasilitas yang ada di sekitarnya, calon pembeli bisa semakin tertarik untuk membeli rumahmu.

5. Gunakan sarana online untuk mencari calon pembeli

Cara terakhir adalah menggunakan sarana onlineuntuk mencari calon pembali. Dengan menggunakan sarana online, kamu bisa mempromosikan rumah yang akan kamu jual secara gratis. Ada dua sarana onlineyang bisa kamu pergunakan, yaitu:

  • Media sosial

Pergunakan media sosial seperti instagram, twitter, hingga facebook untuk mempromosikan rumah yang akan kamu jual. Pastikan untuk memajang foto rumah dari berbagai sisi, mulai dari depan, samping, dan belakang. Foto yang dipajang haruslah foto yang berkualitas bagus, tapi jangan sekali-kali mempergunakan foto yang diedit sana-sini karena nantinya calon pembeli bisa kecewa saat membandingkan foto dengan bentuk rumah aslinya.

Baca Juga : 5 Tips Mendapatkan Rumah Dijual di Bogor

  • Situs jual beli properti

Sarana onlinelainnya yang bisa kamu pergunakan adalah situs jual beli properti online. Ada banyak situs jual beli properti online, tapi tak semuanya memiliki aman dan terpercaya sehingga bisa kamu gunakan. Cek terlebih dahulu kredibilitas situs tersebut dengan melihat alamat kantor dan nomor telepon yang dicantumkan. Selain itu, kamu bisa melihat review dan komentar dari pengunjung dan orang yang sudah pernah menggunakan situs tersebut. 

Situs jual beli properti ini ada yang gratis dan ada yang berbayar atau menggunakan sistem komisi. Jadi saat kamu mendaftar, sebaiknya kamu membaca persyaratan apa saja yang diberikan terlebih dahulu.

Sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana caranya menjual rumah murah di Bogor. Perlu kamu ingat kalau semua informasi yang kamu berikan kepada calon pembeli harus jujur agar tidak mengecewakan calon pembeli nantinya. Semoga kamu bisa cepat bertemu dengan calon pembeli yang akan membeli rumahmu. 

Note : Gambar diambil dari Google

Hubungi Sekarang! Whatsapp Sekarang!